"Jika sesuatu tidak seperti yang kita inginkan, jangan menyerah, tetap berusaha untuk mengubahnya" (Gene Simmons)

Rabu, 21 September 2011

Tugas Visualisasi Informasi

Nama: Ganimeda
NIM: 10410100198
Images and words dari beberapa sudut pandang
1.       Dari sudut pandang semiotik
Semiotik adalah studi tentang tansda-tanda dan proses tanda, indikasi, penunjukan, kemiripan, analogi, metafora, simbolisme, penandaan, dan komunikasi. Semiotika juga terkait erat dengan bidang linguistik yang untuk sebagian mempelajari struktur dan arti dari bahasa yang lebih spesifik.
2.       Dari sudut pandang semantik.
Semantik adalah studi tentang makna. Hal ini berfokus pada hubungan antara penanda seperti kata-kata, frase, tanda-tanda dan simbol-simbol. Kata-kata, simbol, atau penanda digunakan oleh manusia untuk mengekspresikan diri. Hal ini sering digunakan dalam bahasa sehari-hari untuk menunjukkan masalah pemahaman yang datang ke pemilihan kata. Secara tradisional, semantik sudah termasuk studi tentang arti.
3.       Dari sudut pandang pragmatik
Pragmatik adalah hubungan antara tanda dan efek yang mereka miliki pada orang –orang yang menggunakannya. Pragmatik juga mempelajari cara-cara di mana konteks memberikan kontribusi untuk makna. Pragmatik mencakup tindak tuturteori, percakapan implicature , berbicara dalam interaksi dan pendekatan lain untuk perilaku bahasa dalam filsafat , sosiologi , dan linguistik .  Ia mempelajari bagaimana transmisi makna tergantung tidak hanya pada pengetahuan linguistik (misalnya tata bahasa , leksikon dll ) dari pembicara dan pendengar, tetapi juga pada konteks ucapan, pengetahuan tentang status mereka yang terlibat, disimpulkan maksud dari pembicara, dan sebagainya.  Dalam hal ini, pragmatik menjelaskan bagaimana pengguna bahasa dapat jelas mengatasi ambiguitas , karena berarti bergantung pada cara, tempat, dll saat ucapan. Kemampuan untuk memahami makna lain dimaksudkan pembicara disebut kompetensi pragmatis. Jadi sebuah ucapan menjelaskan fungsi pragmatis digambarkan sebagai metapragmatic . Kesadaran pragmatis ini dianggap sebagai salah satu aspek yang paling menantang dari belajar bahasa, dan hanya datang melalui pengalaman.
4.       Dari sudut pandang Syntactic
Sintactic adalah kajian ilmu tentang hubungan antar tanda (tanda tidak bisa berdiri sendiri). Untuk menjelaskan sebuah tanda diperlukan sebuah penjelasan agar tanda tersebut bisa dipahami secara mendetail. Syntactics merupakan cabang dari semiotika yang berhubungan dengan sifat formal tanda-tanda dan simbol. Lebih tepatnya, syntactics berkaitan dengan "aturan yang mengatur bagaimana kata-kata yang digabungkan untuk membentuk frasa dan kalimat." 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar