Ganimeda - 10410100198
Dasar-Dasar Perilaku Individu
Karakteristik Biografik adalah sifat pribadi tiap individu yang objektif dan mudah diperoleh dari catatan pribadi individu
Hubungan usia dengan kinerja
1. Usia bertambah, kinerja menurun
2. Jumlah tenaga kerja usia lanjut meningkat
Pengaruh usia terhadap turnover
1. Semakin tua, turnover kecil (peluang kerja semakin kecil)
2. Usia berasosiasi positif dengan kepuasan
3. Usia berbanding terbalik dengan absen
Jenis Kelamin
1. Perbedaan kinerja pria-wanita àkecil
2. Kepuasan kerja dan turnover àtidak dipengaruhi jenis kelamin
3. Wanita tingkat absen lebih tinggi à mengurus rumah tangga
Status Perkawinan
Tenaga kerja yag sudah kawin cenderung:
1. Kemungkinan turn over (keluar masuk karyawan) kecil
2. Kepuasan kerja meningkat
Jumlah tanggungan
1. Tingkat absen à terutama wanita
2. Kepuasan kerja
Masa kerja
1. Tidak ada korelasi masa kerja dengan kinerja
2. Ada hubungan negatif: masa kerja dengan tingkat absen, masa kerja dengan turnover
Kemampuan adalah kapasitas seorang individu untuk mengerjakan berbagai tugas
1. Kemampuan intelektual adalah kemampuan yang diperlukan untuk mengerjakan kegiatan mental.
2. Kemampuan fisik adalah kemampuan yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas yang menuntut stamina, kecekatan, kekuatan.
Kepribadian adalah berbagai cara yang digunakan individu untuk bereaksi dan berinteraksi dengan lingkungannya
Faktor penentunya: -keturunan
-lingkungan
-situasi
Kelengkapan kepribadian yang mempengaruhi perilaku organisasi:
Locus of control
Achievement orientation (orientasi pencapaian)
Authorianisme
Machiavellianisme
Penghargaan diri (self esteem)
Pemantauan diri (self monitoring)
Pengambilan resiko (risk taking)
Penanganan Persepsi
Mempertinggi tingkat mawas diri
Mengupayakan kelengkapan informasi
Empati
Menghindari segala macam distorsi
PEMBELAJARAN
Pengertian:
Pengaitan pengetahuan baru pada struktur kognitif yang sudah dimiliki si belajar (Degeng,1989)
Perubahan yang terjadi dari hubungan yang stabil antara stimulus yang diterima dan respons (Percival, 1988)
Setiap perubahan yang relatif permanen dari perilaku yang terjadi sebagai hasil
pengalaman (Robbins, 1996)
Teori Social Learning
Perilaku merupakan fungsi konsekuensi,orang belajar :
dari pengalaman,
dari melihat apa yang terjadi pada oranglain,
dari sesuatu yang diberitahukan oleh orang lain
Tahap Proses Belajar
Attentional Processes (proses pemerhatian)
Retention Processes (proses pengingatan)
Motor Reproduction Proses (proses peniruan)
Reinforcement Processes (proses penguatan)
Proses belajar membentuk perilaku
Metode pembentukan perilaku individu:
Possitive reinforcement (penguatan positif) respon diikuti dengan sesuatu yang
menyenangkan
Negative reinforcement (penguatan negatif) respon diikuti dengan penghentian atau sesuatu yang tidak menyenangkan
Punishment (hukuman) respon diikuti dg kondisi yg tdk menyenang-kan dlm usaha menghilangkannya
Extinction (pemadaman) terjadi pengurangan bahkan penghilangan usaha yg membentuk perilaku
KESIMPULAN
Karakteristik biografik (usia, jenis kelamin, status perkawinan, jumlah tanggungan dan masa kerja)
Kemampuan (intelektual, fisik, kesesuaian pekerjaan dengan kemampuan
Kepribadian dipengaruhi oleh faktor keturunan, lingkungan dan siuasi menjadi satu kesatuan yang utuh
Persepsi perceiver, target dan situasi
Pembelajar, proses belajar membentuk perilaku individu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar